Asta Tinggi Sumenep

Obyek wisata ini terletak di desa Kebunagung sekitar 2,4 Km arah barat laut kota Sumenep dan terletak di kawasan dataran tinggi. Asta Tinggi merupakan situs makam Raja-raja Sumenep dan keturunannya yang dibangun pada tahun 1763. Asta atau makam raja-raja ini dikelilingi pagar tembok yang terdiri dari batu kapur yang tersusun rapi tanpa perekat baik campuran semen dan pasir maupun pasir dan kapur.

Di dalam Asta Tinggi terdapat cungkup dan kubah tempat kuburan raja-raja yang dihiasi oleh ukir-ukiran kayu hasil kerajinan seniman lokal sehingga memiliki cirri khas dan nilai ukir tradisional Sumenep pada masa lalu.

Untuk masuk ke kompleks makam-makam raja ini, para pengunjung akan melewati pintu gerbang yang tinggi dan kokoh dengan dua buah prasasti di sebelah kiri dan kanan gerbang. Makam raja-raja ini terbagi menjadi tiga lokasi, yaitu makam Pakunataningrat di sebelah kiri gerbang utama, makam Sultan Abdurrachman, dan kompleks makam para patih, bupati, prajurit dan kerabat kerajaan yang lain.

Lokasi Asta Tinggi cukup mudah dijangkau oleh wisatawan dan akses jalan serta fasilitas umum yang ada seperti wc umum, komunikasi, penerangan cukup memadai, sehingga para pengunjung yang melakukan ziaran merasa nyaman dan bisa lebih khidmat dalam ziarahnya.

Iklan

About this entry