Pantai Boom Tuban

Pantai Boom merupakan pantai bersejarah yang pada zaman kejayaan Majapahit (abad ke XII) merupakan dermaga terbesar. Terletak di sebelah utara alun-alun Tuban dengan hanya 100 M dan merupakan daratan yang menjorok ke laut sepanjang 800 M. Disini sering dimanfaatkan juga sebagai arena memancing bagi warga sekitar pantai.

Di pagi hari sehabis Sholat Subuh, wanyak warga Tuban yang dengan sabar menantikan indahnya matahari terbit. Sebaliknya di sore hari Anda akan dengan mudah menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Pemda Tuban berencana mengembangkan area ini agar lebih bermanfaat. Proyek ini bertujuan untuk mengubah kawasan yang sekarang ini tidak tertata and kumuh dan yang tidak memiliki nilai estetika and daya tarik ekonomi menjadi Fasilitas Berbelanja dan Rekreasi dimana turis dan warga kota cenderung/tertarik untuk mengunjungi. Lahan yang ada seluas 2,2 ha, dengan bentuk site yang spesifik (menjulur panjang ke laut) sehingga menjadi tantangan dalam desain arsitektur.

Fasilitas kebutuhan ruang didesain berdasarkan analisis zoning serta sirkulasi. Arsitektur bangunan didasarkan pada konsep eklektik (konsep campuran dari 3 gaya arsitektur yang berada di sekitar site yaitu gaya arsitektur Chinese Klenteng Kwan Sing Bio, arsitektur Jawa Pendopo, dan arsitektur Kolonial Belanda), sehingga pengunjung dapat menikmati kekhasan historis dari arsitektur daerah Tuban ini.

Iklan

About this entry